Breaking News

5 Events Terpenting dalam Scrum

Tak Pernah Habis Kesulitan dalam Mengembangkan Perangkat lunak

Entah Anda menggunakan Scrum untuk pertama kalinya, belum pernah menggunakan Scrum, atau menggunakan metode lainnya seperti eXtreme Programming, ICONIX, atau yang lain maka kesulitan dan tantangan mengembangkan perangkat lunak menjadi salah satu yang lazim dan jarang sekali tidak terjadi. Entah kesulitan teknis ataupun non-teknis keduanya harus dilewati dengan berbagai taktis di level operasional atau strategis di level manajemen. Pada artikel ini kita akan membahas lima kegiatan terpenting dalam Scrum yang tidak boleh dilupakan. Kegiatan ini sudah diurutkan berdasar bagaimana kita melakukannya. Artikel ini berasumsi bahwa proyek sudah mulai berjalan, rilis luaran telah disepakati, dan durasi proyek telah ditentukan. 

See the source image

Jargon Scrum

Sebelum memulai Scrum perlu diketahui beberapa jargon berikut 
  • Scrum: sebuah metode perangkat lunak berbasis proses Agile. 
  • Sprint: iterasi atau lap dalam siklus pengembangan perangkat lunak
  • Backlog: user story atau skenario aplikasi yang akan dikembangkan

Sprint Planning

Bagian ini dilakukan dengan spesifikasi berikut:
  • Frekuensi: Dilakukan pada setiap awal sprint / iterasi 
  • Durasi pelaksanaan : 1 jam hingga 2 jam , atau sesuai kebutuhan
  • Input : backlog yang sudah dihitung dan diprioritaskan, kecepatan tim sebelumnya, kapasitas tim untuk iterasi saat ini 
  • Luaran: product backlog yang akan dikerjakan, sprint yang sudah terurut

Daily Sprint 

Bagian ini dilakukan dengan spesifikasi berikut:
  • Frekuensi: setiap hari kerja
  • Durasi : 15 menit - 30 menit 
  • Input: Apa yang dilakukan kemarin, Apa kendala yang dihadapi
  • Output: Apa yang dilakukan hari ini, Apa solusi kendala yang dihadapi 

Backlog Refinement 

Bagian ini dilakukan dengan spesifikasi berikut:
  • Frekuensi: satu kali di tengah Sprint 
  • Durasi: 1 jam hingga 2 jam, atau sesuai kebutuhan
  • Input: Backlog yang masih membingungkan dan membutuhkan detail informasi, umpan balik pelanggan
  • Output: Daftar pertanyaan yang akan ditanyakan ke pelanggan

Sprint Review

Bagian ini dilakukan dengan spesifikasi berikut
  • Frekuensi: satu kali di akhir sprint 
  • Durasi 1 jam hingga 2 jam, atau sesuai kebutuhan
  • Input: Demonstrasi pekerjaan yang sudah dilakukan, capaian backlog
  • Output: umpan balik hasil pekerjaan, proyeksi kemajuan pekerjaan berdasar capaian backlog

Sprint Retro

Bagian ini dilakukan dengan spesifikasi berikut:
  • Frekuensi: setelah sprint berakhir dan sebelum sprint baru dimulai
  • Durasi: 1 jam hingga 2 jam, atau sesuai kebutuhan
  • Input: Bagaimana sprint sebelumnya dari sudut pandang proses, manusia, dan perangkat 
  • Output: apa yang bisa diperbaiki di sprint selanjutnya, perbaikan rencana di sprint selanjutnya
jadi itu dia lima kegiatan yang harus diperhatikan dalam menyelesaikan pekerjaan perangkat lunak. Berani mencoba? 


Tidak ada komentar