Breaking News

Acceptance Criteria itu seperti apa?

Pada Azure Boards, terdapat dua isian sebuah product backlog yakni Description dan Acceptance Criteria/ Jika Description berisi format user story seperti as a (user) i want to do (action) so that (benefit), Kemudian dilanjutkan dengan tahapan pada user story yakni cerita bagaimana sebuah user story dilakukan dan terjadi dari sudut pandang pengguna. Pertanyaannya bagaimana dengan acceptance criteria. 

Acceptance criteria membahas kriteria atau syarat sebuah user story diterima dengan baik. Acceptance Criteria (AC) memiliki beberapa format yang dapat diadopsi yakni: 

  • Berbicara tentang hal-hal yang menjadikan sebuah user story sudah benar secara aturan bisnis dan kelengkapan yang diharapkan
  • Aturan Given (Set of input)  When (action) Then (outcome)  

Pilih saja salah satunya, antara Given dan Validation model. Hal yang perlu diperhatikan adalah yakinkan memilih mana yang tepat untuk kasus user story. Jika user story terasa lebih kompleks maka validation model dapat dipilih, tetapi jika user story hanya berupa mekanisme sederhana seperti CRUD (Create Read Update Delete) atau perubahan status semata maka dapat digunakan model Given. Jadi apakah user story-mu sudah memiliki user story yang lengkap dengan acceptance criteria?




Tidak ada komentar