Breaking News

Azure Bagi Pendidikan Tinggi

 Ketika Pendidikan Dihantam Kewajiban Daring

Rekan-rekan pasti sudah merasakan bagaimana pendidikan saat ini harus berevolusi menjadi pendidikan daring. Entah itu pendidikan tinggi, menengah, hingga dasar menggunakan daring sebagai alat penyampaian pembelajaran. Komunitas VSID bersama Microsoft MVP mengadakan kegiatan Cloud Computing for Higher Education. Acara ini berlangsung selama 12 jam dan terbagi menjadi tiga sesi menarik yang tidak dapat terlewatkan bagi institusi pendidikan. Acara ini berjalan dari 15 - 28 September 2020. 

Sesi 1 - Memahami Komputasi Awan di Dunia Akademik

Pada sesi ini Erick Kurniawan dan Agus Suparno bersinergi membahas bagaimana komputasi awan sangat mungkin diimplementasikan di dunia akademik. Terlepas dengan stigma mahal dari komputasi awan. Sesi ini mendiskusikan berbagai skenario yang dapat dilakukan oleh komputasi awan di dunia akademik. 


Sesi 2 - Merancang Komputasi Awan di Dunia Akademik

Pada sesi ini Ridi Ferdiana dan Agus Suparno memaparkan langkah-langkah mengadopsi komputasi awan melalui serangkaian konsep seperti Cloud Architecture Framework, Cloud Architecture Pattern, dan Cloud Adoption. Selanjutnya dilakukan pembahasan studi kasus bagaimana menyiapkan VM untuk kebutuhan akademik. 



 Sesi 3 - Merancang Lab Virtual di Perguruan Tinggi

Pada sesi ini Ridi Ferdiana dan Erick Kurniawan bersinergi untuk menunjukkan contoh sederhana bagaimana kegiatan praktikum di perguruan tinggi dapat difasilitasi dengan baik. Bagian ini membahas perancangan yang harus dilakukan dan juga implementasi teknis yang dapat dilakukan. 


Acara ini dihadiri sebanyak 106 peserta secara total. Sampai jumpa di acara selanjutnya! 





Tidak ada komentar