Breaking News

Mengenal Jenis-Jenis Visual Studio

Siapa yang tidak kenal dengan Visual Studio? Perangkat Pengembangan Perangkat Lunak atau yang dikenal dengan IDE (Integrated Development Environment) adalah produk buatan Microsoft yang cukup ternama layaknya Windows dan Office. Visual Studio yang lahir semenjak tahun 2000 an ini makin memanjakan penggunanya karena memberikan kesempatan pengguna yang sifatnya hobi, startup, hingga perusahaan besar. Pada kesempatan ini mari kita bahas jenis-jenis Visual Studio dan juga penawaran yang ada di situs visualstudio.com 

Visual Studio dan Jenisnya

Visual Studio secara sederhana terbagi menjadi dua yakni: 
  • Visual Studio. Ini adalah IDE layaknya Eclipse atau NetBeans. Dia dirancang melakukan tugas untuk merancang aplikasi desktop hingga aplikasi komputasi awan. Layaknya IDE, Visual Studio memiliki fungsi drag-and-drop dan berbagai skenario rekayasa perangkat lunak yang terdepan seperti code analytics, code metrics, dan diagram-diagram. Visual Studio tersedia juga varian Mac
  • Visual Studio Codes. Ini adalah code editor layaknya Sublime, Atom, atau yang lain. Dia dirancang melakukan tugas untuk penyuntingan kode secara cepat, efisien, dan andal. Visual Studio codes tersedia dibanyak platform dan menjadi Visual Studio paling banyak diminati saat ini. 


Visual Studio dan Variannya. 

Visual Studio memiliki banyak varian untuk menjawab kebutuhan pengguna. Varian tersebut adalah sebagai berikut
  • Visual Studio Codes. Visual Studio Codes tidak memiliki varian karena hanya satu dan sifatnya gratis.
  • Visual Studio Community. Visual Studio Community adalah varian IDE yang versinya gratis dan dapat digunakan untuk kegiatan komersial dan non komersial . 
  • Visual Studio Professional. Visual Studio Professional adalah varian IDE yang cocok bagi startup. Visual Studio ini berbayar dan lengkap memiliki berbagai macam solusi pengembangan. Sebenarnya tidak ada perbedaan yang signifikan dengan community tetapi komersial support dan juga pembaruan menjadi prioritas di Visual Studio Professional
  • Visual Studio Enterprise. Visual Studio varian tertinggi yang memiliki semuanya. Beberapa informasi terkait perbedaannya dapat dilihat di Compare Visual Studio Product Offerings | Visual Studio (microsoft.com)

Membeli Visual Studio

Bagi Anda yang hendak membeli Visual Studio maka Visual Studio terdapat dua mekanisme pembelian yakni: 
  • Gratis. Gratis adalah dapat diunduh secara cuma-cuma untuk Visual Studio komunitas dan Visual Studio codes
  • Beli putus. Beli putus adalah sekali bayar yang hanya tersedia di Visual Studio Professional. Visual Studio ini dijual dengan harga berkisar 499$ / lisensi. Dan kami tidak merekomendasikannya, jika menginginkannya lebih baik menggunakan Visual Studio Community.
  • Berlangganan. Tersedia di varian Visual Studio Professional dan Enterprise. Hal yang menarik dari berlangganan adalah selain pembayarannya lebih murah, memperoleh update terbaru, dan juga memperoleh akses DevOps gratis dan juga Azure untuk pengembangan berkisar 100 USD.
Jadi mana Visual Studio favorit kalian? masukkan di komentar ya

Tidak ada komentar