Breaking News

Game Engines untuk Bikin Game Kelas Wahid

Gambar dipadukan dari showcase pada Unreal EngineUnityCryEngine, dan Flaticon.


Hai, sobat. Mungkin diantara kalian ingin membuat sebuah game atau startup di dunia game. Terinspirasi keberhasilan PUBG atau Fortnite. Kamu perlu tahu beberapa game engine yang dapat kamu gunakan untuk mengembangkan gamemu. Tentu saja, game engine ini mendukung multiplatfom untuk memudahkan kamu mengembangkan game yang dapat segera dirilis dalam berbagai media permainan.


1. Unreal Engine

Screenshot Interface dari dokumentasi di website Unreal Engine

Salah satu yang paling terkenal di antara game engine yang lainnya. Unreal Engine buatan Epic Games ini sukses menghadirkan game-game papan atas dalam berbagai genre dengan grafik tingkat dunia nyata yang halus dan menawan. Tersebutlah beberapa nama game yang lahir dari game engine ini seperti battle royale yang sedang naik daun, Player Unknown's Battleground (PUBG) karya Blue Hole dan Fortnite yang dikembangan sendiri oleh Epic Games.
Game engine ini menggunakan C++ untuk penulisan kodenya. Kamu bisa pelajari di website resmi unreal engine, atau mencari-cari tutorial di youtube. Kalaupun kamu tidak ingin menjadi programmer namun tetap ingin berkarya di dunia game, tidak masalah. dalam dokumentasinya, Unreal Engine juga menyiapkan petunjuk untuk para artist dan level designer.

Kunjungi website Unreal Engine.

2. Unity

Screenshot interface Unity dari dokumentasi di websitenya


Unity adalah game engine yang fleksibel. Game yang dihasilkan bisa dalam bentuk yang minimalis low poly atau pixel grafik, unity juga dapat melahirkan game dengan grafik yang aduhai mantab. Kalau kamu tahu game horor dari Indonesia, DreadOut karya Digital Happiness, juga dikembangan menggunakan game engine ini. Ada pula game shooter RPG Escape From Tarkov buatan Battlestate Games asal Rusia, juga menggunakan Unity. Satu lagi game yang sempat booming beberapa waktu lalu, Pokemon Go buatan Niantic.
Kalau kamu tertarik menuliskan kode dengan Unity, kamu bisa belajar C# atau C++.  Dokumentasi dan tutorial juga sudah disediakan oleh Unity di websitenya. Sebagai tambahan, Unity  juga menyiapkan training online ataupun on-site dengan trainer yang telah tersertifikasi.

Kunjungi website Unity.

3.CryEngine

Screenshot interface dari dokumentasi di website CryEngine


Game Engine yang satu ini dikembangnkan oleh Crytek. CryEngine juga mempunyai hasil karya tak kalah menarik dari game engine lainnya. Sebut saja Far Cry yang pertama di tahun 2004 buatan Ubisoft,  Crysis yang dikembangkan juga oleh Crytek, atau Sniper Ghost Warrior series yang dikembangkan CI Games.
Sebuah catatan, Ubisoft mengembangkan CryEngine menjadi game engine nya sendiri bernama Dunia Engine untuk mengembangkan Far Cry seri berikutnya.
CryEngine mempunyai dua bahasa kode yang dipadukan  C++ dan Lua. Kamu bisa belajar dari dokumentasi yang disediakan oleh CryTek ataupun tutorial yang tersebar di Youtube.

Kunjungi website CryEngine.

So, buat kamu yang tertarik di dunia game dan ingin menciptakan permainanmu sendiri. Tak ada salahnya mencoba mempelajari game engine di atas.

Tidak ada komentar