Breaking News

Lima Pertemuan yang harus kamu lakukan bersama klien

 Klien adalah manusia, punya hati punya rasa, jangan disamakan dengan pisau belati. Begitu kiranya apa yang dikatakan oleh salah satu vokalis bernuansa rocker. Percaya atau tidak jika klien Anda adalah manusia maka kewajiban kita memanusiakan manusia. Untuk itu ada beberapa hal yang akan kita lakukan. Pada artikel kali ini kita akan membahas lima pertemuan yang wajib ada agar proyek perangkat lunakmu sukses. mari kita simak

#1 Exploration Meeting

Pertemuan eksplorasi berisi diskusi mendengarkan masalah dan kebutuhan pengguna. Berawal dari masalah maka kebutuhan pengguna dituliskan. Luaran dari exploration meeting adalah vision and scope. Exploration meeting dilakukan di awal sprint secara rutin. Umumnya exploration meeting dilakukan seminggu sekali atau dua minggu sekali. 

#2 Sprint Review Meeting

Pertemuan demonstrasi aplikasi yang sudah selesai. Pada tahap ini aplikasi didemonstrasikan dan memperoleh umpan balik. Sprinr review umumnya dilakukan dua minggu hingga satu bulan sekali. 

#3 Regular Update 

Regular update umumnya dilakukan setiap minggu. Hal yang disampaikan adalah diskusi teknis secara rutin. Regular update dapat dilakukan dengan cara melalui email, short call, atau melalui media lainnya. regular update umumnya dilakukan satu minggu sekali.

#4 Handover Meeting 

handover meeting adalah pertemuan serah terima aplikasi yang sudah dikembangkan. Handover umumnya dilakukan di akhir solusi kemudian memberikan manual dan aktivitas sosialisasi. 

#5 High Intensive Workshop

Workshop berdurasi 2-3 hari yang membahas secara detail proses bisnis aplikasi ATAU finalisasi aplikasi. Workshop ini umumnya dilakukan pada awal pekerjaan dan menjelang akhir pekerjaan. Disebut HIW karena memang workshopnya full day dan membahas dari satu ujung ke ujung yang lain. 




Tidak ada komentar