Breaking News

Lima Hal yang harus kamu lakukan dalam Rencana Bisnis

Ekspansi adalah kata yang tepat bagi bisnis yang sudah baik, Survival adalah kata tepat bagi bisnis yang tengah berkembang. Terlepas keduanya memiliki perbedaan, keduanya memiliki kesamaan yakni keduanya memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan itu bukan berbicara apa yang akan kita lakukan, tetapi berbicara proses untuk merencanakan, melaksanakan, memonitor, dan mengevaluasi hasilnya. Untuk itu pada artikel kali ini kita akan membahas lima hal yang dapat kita lakukan dalam merencanakan rencana bisnis.

Rencana bisnis umumnya mengalami sebuah siklus bisnis yang berdurasi tertentu. Pada umumnya berdurasi satu tahun dengan evaluasi setiap enam bulan. Artinya dalam kerangka enam bulan terdapat kemungkinan bisnis akan mengalami penyesuaian, turn over, atau bahkan stagnan. Ambil rencana bisnis satu tahun dan evaluasi setiap enam bulan.

Sekarang kita akan langsung membahas proses pengerjaannya dalam lima langkah sederhana. 

Langkah. 1 Tiga Tujuan saja cukup

Ambil tiga tujuan terpenting dalam tahun depan, Tiga tujuan itu tidak harus menghasilkan uang, tetapi bisa saja membuat sesuatu lebih baik. Berikut adalah contoh tiga tujuan yang umum dilakukan

  • Membuka unit bisnis baru yang menangani penjualan merchandise dan berkontribusi pada 10% pemasukan perusahaan
  • Menjaga setidaknya 3 proyek aktif dalam enam bulan
  • Meningkatkan kontribusi premium training sebesar 30% meningkat dari tahun sebelumnya

Langkah 2. Apa, Bagaimana, dan Kapan

Untuk setiap tujuan bisnis yang sudah ditentukan di langkah pertama maka setiap tujuan lengkapi dengan apa berupa definisi apa yang akan dilakukan, bagaimana melakukannya, dan kapan akan melakukannya. Ingat Anda hanya punya waktu satu tahun sehingga pikirkan untuk lebih bijak dalam memilih. 

Langkah 3 Pecah dalam Capaian (Milestone)

Pecahkan tujuan utama di langkah satu menjadi milestone-milestone, Milestone dapat berupa capaian bulanan, tiga bulanan, atau satu semester. Yang jelas harus ada daftar capaian yang harus tercapai.

Langkah 4 Cari Mitra yang Tepat

Serigala yang sendiri juga akan mati jika harus berpetualang di hutan. Untuk itu identifikasi siapa yang akan kita ajak bermitra untuk bersinergi agar tujuan tersebut tercapai

Langkah 5 Anggarkan Investasi

Jika memang membutuhkan anggaran agar tercapai maka jangan ragu untuk menganggarkannya dan tetap disiplin dengan anggaran. 

jika sudah menentukannya maka dapat kamu rancang dalam bentuk mind Map dengan contoh sebagai berikut.





Tidak ada komentar