Breaking News

Visual Studio dan Pemodelan Perangkat Lunak

Pemodelan mulai dibutuhkan pada saat perangkat lunak yang dikembangkan mulai kompleks. Visualisasi menjadi sebuah panduan bagi pengembang dan tim dalam melakukan komunikasi. Pada artikel ini kita akan membahas berbagai macam visual yang dapat didukung oleh perangkat lunak pengembangan Microsoft  

Visual Studio 2022

Berita buruknya Visual Studio sudah mulai mencabut dukungan terhadap UML sehingga merancang dan mengemas kebutuhan pengguna dalam bentuk UML di Visual Studio tidak dapat dilakukan. Jika kita menjenguk apa yang dimiliki Visual Studio tentang desain perangkat lunak maka kita hanya menemui sedikit sekali perangkat bantu pemodelan yakni:

  • Class designer: Class diagram untuk melakukan kegiatan perancangan class C# dari diagram ke kode atau sebaliknya. 
  • Code Map: diagram dependensi antara satu komponen dengan komponen yang lain. 
Kedua komponen itu dapat dipasangkan di Visual Studio Installer lalu individual package, kemudian pilih code tools, 

Visual Studio Codes

Visual studio codes tidak memiliki perangkat lunak pemodelan secara built in. Namun demikian, konsep ekstensi membantu kita untuk mengembangkan diagram pemodelan. Favorit saya terletak pada dua perangkat berikut.
  • UMLet - paket diagram UML sederhana
  • Draw.io - paket lengkap diagram yang dibutuhkan dalam engineering 

SQL Server Management Studio

Ini selalu menjadi favorit kita pada saat merancang basis data. Desain fisik basis data dapat kita rancang dengan SQL Server management studio diagram. Jika Anda belum pernah menggunakannya itu sangat mudah dan sangat membantu untuk memahami basis data atau merancang basis data kita dalam sudut pandang helikopter. Silahkan melihat tutorial berikut SQL Server Database Diagram Tool in Management Studio (mssqltips.com)

Azure DevOps

Ini adalah lokasi yang umum untuk meletakkan diagram bisnis proses. Sayangnya Azure DevOps juga tidak memiliki built in tools untuk diagram. Sehingga mau tidak mau menggunakan kembali ekstensi yang dapat dipasangkan. Sebagai contoh menggunakan Gleek 



Jadi kamu akan merancang diagram di perangkat Microsoft yang mana?



 


Tidak ada komentar