Breaking News

Transformasi yang menyakitkan

Bagaimana startup dapat maju? jika business as usual yang sudah dilakukan tetap tidak membuat startup berubah maka transformasi perlu dilakukan. Transformasi dibagi menjadi tiga bagian:

  • Transformasi di bagian operasional. Melakukan peningkatan produktivitas dan efisiensi manajemen. Konsep PDCA dilakukan dan prosedur ditegakkan. Contoh untuk menjamin mutu pelaksanaan kegiatan dibuatkan formulir rencana dan template laporan. 
  • Transformasi di bagian bisnis proses. Melakukan perubahan di bisnis proses untuk meningkatkan proses bisnis yang lebih baik. Contoh proses bisnis mengajukan proposal yang semulanya dilakukan melalui kertas dengan approval paraf diubah menjadi melalui digital dengan approval tanda tangan digital.
  • Transformasi di bagian inovasi bisnis. Melakukan penambahan berbagai aktivitas bisnis yang berfokus pada penambahan revenue atau pekerjaan seperti menjual solusi berbasis model yang berbeda. Sebagai contoh perusahaan yang berperan sebagai konsultan TIK mulai menjual produk perangkat lunak. Perusahaan penjual perangkat lunak menjual layanan pelatihannya.
Proses transformasi tentu jauh dari sebuah keindahan. Transformasi bisa jadi berdarah-darah apalagi dilakukan sendiri. Model transformasi akan sangat mudah gagal jika transformasi itu melekat pada seseorang atau sekelompok orang tertentu. Transformasi akan dapat dicapai jika proses transformasi itu dilakukan dengan berbagai macam upaya yang melekatkan transformasi pada aspek-aspek penting lainnya seperti:
  • Transformasi harus melekat pada proses bukan orang. Jadi proseslah yang harus berubah. Sebagai contoh ubahlah proses pembuatan proposal dengan pendekatan approval dan peer review untuk meningkatkan kualitas proposal.
  • Transformasi harus berasal dari pimpinan. Pimpinan harus memiliki kesadaran bahwa transformasi tersebut dipahami, dilakukan dan didukung sehingga jika pimpinan paham maka tim disekitar-nya akan siap melakukan
  • Transformasi dapat berbasis insentif. Bisa juga dilakukan insentif bagi rekan yang berhasil melakukan transformasi seperti bonus, privilege, dan yang lain
  • Transformasi harus bertahap dan terbagi menjadi tiga hal. transformasi kecil, transformasi menengah, transformasi jangka panjang. Pada tiga tahap ini semua harus dilakukan dengan bertahap dan sesuai kemampuan
  • Transformasi membutuhkan biaya dan perencanaan sehingga timeline dan berbagai hal lain perlu disiapkan dan dilakukan.  
terakhir transformasi itu pasti terjadi tinggal transformasi tersebut akan dilakukan di awal atau dilakukan pada masa masa keharusan yang mungkin akan lebih menyakitkan.



Tidak ada komentar