Breaking News

Terpuruk Tanpa Kesempatan

 Beberapa hari yang lalu bisnis serasa sukses, bisnis serasa berwarna, tetapi tiba-tiba kondisi berubah. Kesalahan terbentang dan memperbaikinya serasa tidak mungkin. Bayangkan saja Anda startup yang hari ini menyusun sebuah laporan keuangan tahunan dan kemudian menyadari ada kesalahan yang fatal yang membuat Anda harus memperbaiki dari awal dan melakukan pendekatan yang berbeda. Atau bayangkan saja Anda membuat sebuah aplikasi lalu salah memilah arsitektur, sebagai implikasinya kode berjalan baik hanya sementara lalu kemudian semua tidak sesuai seperti yang diharapkan. Kita akui kita lebih menyukai melakukan hal yang sederhana, seperti menambal kode tanpa memikirkan design patterns, atau arsitektur. Efeknya pada suatu saat itu terjadi semua sudah terlambat.

Terpuruk Tanpa Kesempatan

Kesalahan-pun terkuak, walaupun itu adalah kesalahan yang ringan tapi belum tentu pelanggan Anda atau klien terbaik Anda menerimanya. Bisa jadi Anda disalahkan habis-habisan karena teledor, karena tidak cerita, dan menutupi hal yang menurut Anda sepele tapi berimplikasi besar. Technical debt, Requirement changes, hingga workload kerap kali menjadi penyebab utama perusahaan Anda terpuruk, bahkan terpuruk tanpa kesempatan untuk memperbaiki. Lalu apa yang bisa kita lakukan manakala perusahaan kita terpuruk tanpa kesempatan

Tips 1 - Mengaku dengan Terbuka

Ya, akui saja Anda salah. Kalaupun sudah mengaku maka bisa saja klien Anda akan berpikir Anda tidak layak, tidak kompeten, atau menyembunyikan hal lain selain yang dihadapi saat ini. Terima saja semua cacian, keluhan dan apa kata mereka. Karena sikap terbaik pertama dalam komunikasi adalah mengaku salah. 

Tips 2 - Tidak Menyalahkan Balik

Hal ini umum terjadi, respons dan naluri kita pada saat disalahkan Adalah mencari counter attack untuk menyalahkan klien. Mulai dari klien yang telat membayar, klien yang senantiasa berubah, hingga kebutuhan yang tidak terdokumentasikan. Ingat hal tersebut tidak membuat membaik malah seperti ajang saling menyalahkan yang berakibat tidak baik.

Tips 3 - Perbaiki Segera

Segera ukur berapa waktu yang dapat diperbaiki. Segera lakukan komitmen untuk menyelesaikannya. Berikan usaha ekstra untuk menyelesaikannya segera. Jangan bahas untung atau rugi dulu dalam hal ini lakukan yang terbaik untuk memperbaikinya. 

Tips 4 -  Mitigasi kedepan

Isu yang sama dapat terjadi lagi, bahkan bisa satu, dua, atau berkali-kali. Waktu yang akan membuktikan keseriusan kita dalam menyelesaikan. Namun yang terpenting adalah belajar agar tidak kejadian lagi. Belajar bagaimana win-win solution bisa hadir dikala terjadi lagi. 

Tips 5 -  Salah lumrah yang tak lumrah adalah tidak adanya kesempatan

Negosiasi harus dilakukan dalam hal ini. Kesalahan akibat salah paham kerap terjadi, tetapi kita harus tetap memberi kesempatan dan meminta kesempatan untuk memperbaiki diri. Kemukakan niat baik Anda untuk segera selesaikan berikan bukti yang mencukupi. Jika tetap tidak diberi kesempatan yang terpenting adalah berusaha sebaik-baiknya



Tidak ada komentar