Breaking News

Bagaimana Bekerja WFH yang nyaman?

 Bagi kamu pekerja startup maka kamu pasti mulai sudah terbiasa dengan work from home, atau work from office. Jika work from office adalah sesuatu yang umum, biasa, dan dipastikan produktif. Maka tidak seperti bekerja di work from home. Bekerja di rumah lebih penuh godaan, kebosanan, dan juga dinamisme bekerja di rumah. Berikut adalah lima tips bagaimana kamu dapat bekerja di rumah tanpa mengalami kebosanan apalagi penurunan produktivitas. 

Tips 1 - Susun To Do List

Susun to do list dan agenda kerja mandirimu. alokasikan waktu untuk dua hal yakni "collaborate mode" dan "focus mode". Collaborate mode adalah kerja interaksi seperti koordinasi, meeting, atau diskusi daring. Focus mode adalah kerja mandiri untuk menyelesaikan task. Alokasikan focus mode 3/4 dari total waktu kerja. jadi Focus mode: Collaborate mode = 3 : 1

Tips 2 - Pilih Prime Time

Pilih waktu kerja nyamanmu, anggap saja kita punya tiga zona waktu morning, afternoon, dan night. Pada saat itu pilih kapan prime time setelah dikurangi kewajiban yang mengharuskan Anda terlibat. Semisal ada event di afternoon, maka pilih prime time kalau tidak pagi atau malam. Prime time dipakai untuk pekerjaan yang membutuhkan focus mode seperti menulis, menguji sistem, atau menyelesaikan tugas mandiri. 

Tips 3 - Mencari Pair

Jadi walau kerja WFH, bukan berarti harus sendiri. carilah teman kerja yang kamu anggap cocok dan sinkronkan kerja kalian dari sudut pandang prime time. Teman kerja adalah sebuah keharusan sebagai manusia sosial. Pair dapat menjadi teman diskusi Anda dan teman bertukar pikiran pekerjaan. 

Tips 4 - Suasana Nyaman Meja Kerja

Pilih kursi terbaik, meja yang cukup, dan juga pencahayaan yang memadai. Meja kerja adalah war station-mu jadi harus nyaman dan sesuai dengan fungsinya. Tidak ada jemuran, kaos kaki, atau bahkan makanan di meja kerjamu. Perusahaan akan mendukung kebutuhan kebutuhan infrastruktur. 

Tips 5 - Selang-Seling 

Kerja WFH, WFO, atau WFA (Work from Anywhere) jika Anda jenuh bekerja di rumah maka carilah tempat kondusif lakukan survey terlebih dahulu dan bekerjalah disana pada satu slot saja. Contoh saya bekerja di pagi hari di rumah, siang di Cafe, dan malam di rumah lagi. Hal tersebut dan variasinya akan membantu kita. 



Tidak ada komentar