Breaking News

Bagaimana Pembagian Divisi pada saat Startup Berkembang

Berkembang adalah kata yang tepat pada saat sebuah startup sudah menikmati kestabilan di sisi finansial, produk, dan pengguna. Lalu setelah mulai 'mekar' dan berekspansi dari sisi pasar dan tim pengembang. Berikut adalah beberapa tipe pemekaran startup yang kita singkat dengan 'ABC'

Architectural based division

Tipe pembagian divisi ini didasarkan pada fungsional sebuah software. Lebih tepatnya berbasis arsitektur dalam perangkat lunak. Semisalnya
  1. Divisi frontend web
  2. Divisi backend
  3. Divisi QA
  4. Divisi frontend Android
  5. Divisi frontend IOS
Pendekatan ini mendorong lahirnya produk berkualitas. Dalam hal ini satu divisi saling berkoordinasi untuk menghasilkan sebuah layanan prima bagi pelanggan.

Business based division

Divisi startup dibagi berdasarkan kanal revenue stream. Semisal sebuah startup memiliki tiga kanal revenue yakni iklan, premium, dan produk. Maka divisi dibagi menjadi berdasar bisnis yang diperoleh. Secara bisnis. Pendekatan ini mendorong lahirnya pendekatan bisnis untuk mencapai revenue yang berkualitas. Satu divisi akan melayani satu proses bisnis divisi tersebut. 

Customer Based Division

Divisi startup yang didasarkan pada pelanggan yang dimiliki oleh startup tersebut. Bayangkan startup yang memiliki tiga klien utama yakni perusahaan besar, UMKM, dan juga pelanggan akhir. Maka di dalam startup tersebut masing-masing terbagi divisi untuk melayani klien tersebut. Dan satu tim utuh melayani pelanggan yang ada.


Division mengingatkan bagaimana sebuah tim bekerja, berbagi tugas dan kesuksesan bersama. seperti layaknya pada video game Division yang sudah mendunia. 
    


Tidak ada komentar