Breaking News

Belajar pada masa bekerja, bisakah?

Ingat tidak masa-masa kuliah. Pada saat dirimu diburu deadline, diburu ujian akhir semester, atau diburu presentasi mingguan dari dosen yang memberimu tugas berat. Belajar itu percaya atau tidak perlu untuk membuat kita bisa survive. Entah itu survive di pekerjaan, survive di kehidupan cinta, atau survive di akhirat. Pada akhirnya kita harus belajar. Lalu bagaimana kita belajar jika kita tidak dimasa sekolah. Berikut adalah lima tips agar kamu bisa tetap belajar di era pasca sekolah / kampus.

Luangkan Waktu untuk Belajar 

Berikan ruang dan waktu untuk kamu belajar. Tidak banyak 60 menit saja setiap harinya. Programkan apa yang kamu hendak pelajari mulai dari mempelajari asam-manis kehidupan melalui buku sosial, mempelajari konfigurasi teknis komputasi awan, hingga mempelajari bagaimana pipa ledeng itu diperbaiki. Lakukan saja. Beri waktu 60 menit tiap harinya, pilih waktu terbaik


Beri target Belajar

Belajar harus ada tujuan, tidak sebatas tahu atau pengetahuan baru. Semisal belajar cloud untuk memperoleh sertifikasi. Belajar bahasa inggris untuk sekolah lanjut dengan mengambil TOEFL, belajar konfigurasi untuk memperbarui konfigurasi server agar lebih aman. Buat sebuah target sebelum kamu belajar itu akan membantu sekali. 

Belajar untuk 'low hanging fruit'

Jika kamu harus belajar dan belajar itu sangat terbatas waktunya maka pilihlah belajar yang menghasilkan. Semisal jika belajar X maka permasalahan kantor Y bisa terselesaikan dan bisa meluangkan waktu. Jika belajar A maka bisa jadi konsultan untuk B. Motivasi itu akan membantu lebih produktif.

Belajar bersama dalam komunitas

Investasikan waktumu untuk hadir di kegiatan komunitas. Tujuannya bukan untuk membuat kamu mahir. Tetapi kegiatan komunitas seperti update teknologi bikin kamu selangkah lebih tertarik dengan apa yang kamu pelajari dan mengetahu berbagai hal esensial yang mungkin membuat kamu terdorong untuk belajar lebih serius dan lebih maju. 

Investasikan Untuk Belajar

Coba luangkan uang untuk membeli buku baru, berlangganan portal belajar, mengikuti MOOC berbayar, hingga mengikuti kursus. Investasikan sedikit untuk hal ini. Banyak portal seperti LinkedIn Learning, Pluralsight, O'Reilly, Coursera hingga yang lain. Dan tebus investasi itu dengan belajar sungguh-sungguh.

Jadi masih bisa belajar kan walau sudah tidak kuliah?


Tidak ada komentar