Breaking News

Lima tips anti minder di tempat kerja

Punya kerja dengan gaji baik dan juga lingkungan baik itu memang indah. Tetapi, apakah kamu takut dengan performa yang tidak memenuhi standar atau malah melakukan kesalahan-kesalahan yang membuat kamu malu. Kamu tidak sendiri sobat VSID, setiap orang pasti punya kekurangan, punya kikuk, dan awkward momen di tempat kerja. Artikel kali ini akan memberi lima tips anti minder di tempat kerja



Tips 1 - Tanyakan kepada Mitra Kerja Apa yang harus dipelajari

Salah satu isu anak baru adalah mereka malu bertanya. Malu bertanya karena setidaknya tiga alasan: (1) takut memalukan (2) merasa mampu dan takut salah bertanya (3) takut mengganggu mereka yang sudah sibuk. Jika Anda punya teman atau mentor kerja itu adalah kesempatan baik. Saatnya Anda meminta masukan apa saja yang harus dipelajari dan beri masukan apa yang perlu dipelajari.

Tips 2 - Luangkan Waktu Belajar 

Salah satu kendala kenapa kita minder adalah adanya gap pengetahuan, pengalaman, dan pemahaman kita dengan teman-teman kerja di sekitar kita. Mereka yang sudah lama tentu sudah terbiasa dan paham mengenai situasi kerja. Bagi kita yang baru tentu akan sedikit terganjal dan bingung. Untuk itu coba luangkan waktu sebelum jam kantor atau setelah jam kantor (menjelang tidur misalnya) untuk membaca materi yang akan dibahas di keesokan harinya. Luangkan slot 'prime time' untuk belajar. Karena tidak ada orang ketinggalan kalau mereka meluangkan waktu secara konsisten untuk belajar.

Tips 3 - Kemajuan Sedikit demi sedikit yang perlu disampaikan

Pada saat melakukan pekerjaan yang baru sama sekali. Biasakan melakukan konfirmasi hasil di setiap milestone. Jangan berpikir mengerjakan hingga selesai lalu meminta masukan. Biasakan bekerja sedikit dan minta masukan ke rekan kerja secara rutin. hal ini untuk menghindari kesalahan yang akumulatif pada saat mengerjakan ke pekerjaan rumit. Biasakan melaporkan hasil pekerjaan secara inkremental semisal setiap hari.

Tips 4 - Pair Working

Jika masih ragu terhadap pekerjaan yang dikerjakan biasakan melakukan pair working. Apakah yang dimaksud dengan pair working. Pair working laksana Anda bertugas sebagai pemain Rally Dakar. Dalam setiap rally terdapat pilot dan co-pilot. Dalam hal ini, Anda yang baru adalah pilotnya dan yang senior adalah co-pilotnya. Pilot memegang laptop dan mengerjakan, co-pilot memberi navigasi yang tepat agar tidak kesasar. Biasakan agenda pair working setiap harinya agar pekerjaan semakin terprediksi dan lebih mudah. 

Tips 5 - Datang Lebih Awal

Jangan berpikir untuk menjadi tukang sapu atau bahkan pengganti satpam. Datang lebih awal adalah upaya untuk memaham apa yang akan dikerjakan hari ini, mengidentifikasi apa yang sulit, dan menarget apa yang akan dikerjakan. Dengan begitu akan terukur apa yang perlu dipelajari dan apa yang bisa dikerjakan terlebih dahulu


Tidak ada komentar