Breaking News

5 Hal yang perlu diperhatikan pada saat meeting dengan klien

Meeting dengan klien bisa menjadi hal yang menyenangkan bisa jadi juga sebaliknya yakni menegangkan dalam artikel singkat ini kita sampaikan lima hal yang perlu diperhatikan pada saat meeting dengan klien.


Meeting online atau Meeting tatap muka

Perhatikan kapabilitas klien dalam menyelenggarakan pertemuan. Jika pertemuan tidak bisa dilakukan tatap muka karena jarak maka pastikan meeting daring dapat dilakukan dengan memastikan kondisi infrastruktur dan perangkat lunak siap digunakan. Siapkan dan kirim agenda pertemuan dan jamnya setidaknya tiga hari sebelum pertemuan.

Persiapkan materi pertemuan setidaknya H-1

Materi pertemuan setidaknya sudah siap dua hingga satu hari pelaksanaan pertemuan. Namun jika itu adalah demonstrasi aplikasi maka sebaiknya disiapkan tiga hari sebelumnya sehingga memiliki waktu apabila ada perubahan atau kesalahan dalam demonstrasi aplikasi. Pelajari dokumen yang akan dibahas dan jangan sampai tidak memahami apa yang didiskusikan kelak

Utarakan agenda sebelum meeting dimulai

Agenda perlu diutarakan kembali pada saat pertemuan akan dimulai. Jika pertemuan sifatnya terbatas misal 1-2 jam maka pastikan bahwa pertemuan akan memenuhi waktu yang disampaikan. 

Natural dan tidak kaku

Formalitas di bagian awal memang menyenangkan, tetapi pertemuan yang menarik adalah natural. Natural dapat dilihat dengan nyamannya bertukar pikiran dan saling tanya-jawab. Hal ini menjamin aspek-aspek detail dalam sebuah pertemuan terkuak dan terdokumentasikan dengan baik. Pasang pola pikir penasaran dan tanyakan secara sedikit demi sedikit. 

Komitmen atau Call to Action 

Setelah meeting selesai biasakan mengirimkan notulen dan juga agenda yang akan dikerjakan kemudian sehingga pertemuan tidak hanya membahas tetapi juga menyelesaikan pekerjaan selanjutnya yang akan dikerjakan. 




Tidak ada komentar