Breaking News

Putus Asa Coding? Berikut adalah 5 Cara Menanganinya

Salah satu hal yang paling menyebalkan dalam menyusun sebuah kode adalah kebuntuan. Kebuntuan adalah situasi pada saat kamu membuat kode tetapi kode tersebut tidak berjalan padahal kamu sudah melakukannya sesuai dengan panduan. Atau kebuntuan bisa terjadi pada saat kamu tidak tahu fungsi yang kamu inginkan bisa diselesaikan dengan kode yang seperti apa. Kamu pernah mengalami ini? jika Ya kamu tidak sendiri, kami juga sering menghabiskan waktu seharian dan pulang dengan rasa kesal akibat kode yang dibuat tidak ada kemajuan, bahkan yang ada deadline dan bonus hangus di depan mata. Berikut 7 cara menangani kebuntuan atau putus asa pada saat coding

Tips 1. Ikuti kode contoh 

Cara melakukan tips ini adalah membuat eksperimen kecil-kecilan dengan kode contoh yang sudah ada. GitHub adalah tempat terbaik mencari contoh. Sebagai contoh jika kamu buntu di aplikasi Azure dan Graph API maka web contoh berikut akan membantu Azure Samples. Unduh kodenya dan coba mengikuti sesuai langkah yang dikemukakan, tidak perlu berimprovisasi hanya lakukan sesuai contoh dan yakinkan berjalan dengan baik. Setelah berjalan dengan baik ikuti tips kedua

Tips 2. Ikuti video tutorial 

Sebelum kita hendak melakukan aktivitas modifikasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi maka kita perlu mengetahui dasar-dasar bagaimana fungsi itu dibentuk. Cara paling mudah adalah meluangkan waktu belajar satu dua jam di berbagai lokasi video tutorial. Sebagai contoh di Pluralsight.com, LinkedIn Learning, atau di edX. Luangkan waktu dan dapatkan pemahaman dasar yang hendak anda kembangkan. 

Tips 3. Cek apakah sudah ada yang melakukannya di Stack overflow

Bagian ini adalah tips favorit, beberapa orang yang sudah melakukan tips 1 dan tips 2 mencoba Stack Overflow untuk mencari kasus dan solusi yang sama. Jika Ada maka kita sangat beruntung.

Tips 4. Modifikasi kode secara konservatif

Tidak perlu membuat kode berbasis design pattern dan baik secara refactoring coba dahulu kode yang dibuat dalam eksperimen menjadi satu kode. jika bisa maka selamat, jika masih gagal maka lanjut ke Tips terakhir.

Tips 5. Sewa Developer Ninja 

Alokasikan sedikit kemampuan Anda untuk menyewa developer ninja yang tersedia diberbagai situs outsourcing developer yakni mulai dari ScriptLance, Freelancer, Guru, UpWork dan yang lain. Anda bisa meminta jasa mereka untuk membantu Anda coding. 

semoga tidak stuck lagi ya sobat, tetap belajar 

 

Tidak ada komentar