Breaking News

Klienku Sayang Klienku Malang

Bagi pemilik start-up yang hidupnya bergantung pada klien maka nafas dan keberlanjutan hidupnya akan sangat bergantung pada mereka. Pada kesempatan ini kita akan membahas tipe-tipe klien dan juga bagaimana menyikapinya


Klien Teng-Go

Klien ini adalah tipe klien idaman, biaya pekerjaan tidak pernah ditawar, bayar tepat waktu sesuai aturan mereka misal net 30, dan yang terpenting kliennya bisa diajak ngobrol dan tukar pikiran. Klien Teng-Go biasanya punya lahir dari perjalanan panjang dan hubungan baik antara tim dengan pelanggan. Kalau kamu menemukan klien seperti ini maka tidak ada hal lain yang harus kamu lakukan selain memprioritaskan dan melakukan yang terbaik untuk dirinya.

Klien PaluGada

Klien ini menganggap kita sebagai segala sumber solusi masalah TIK mereka, mulai dari pasang CCTV, perbaiki printer, sampai membuat aplikasi diyakini dapat dilakukan. Klien jenis ini biasanya berasal dari perusahaan yang bukan berada di bidang TIK. Klien ini menganggap kita pintar, tapi berujung dalam beban kerja yang berkepanjangan. Pada jenis klien ini, lakukan perencanaan matang dan berani berkata tidak jika memang tidak mampu. Hargai keingintahuan mereka dan layani yang bisa dilakukan.

Klien Administratif

Klien ini tidak masalah dengan uang dan pekerjaan, tetapi berkas-berkas administratifnya berlapis. Pelaporan harus rinci, rigid, dan tepat waktu. Perpajakan harus dipenuhi nomor satu. Pelaporan yang prima adalah kunci menuju keberhasilan bersama klien ini.  Pada jenis klien ini ketepatan waktu adalah hal utama dalam keberhasilan pekerjaan ini dan selanjutnya. 

Klien Pandangan Pertama

Klien ini memberi kesan pertama begitu menggoda dan meyakinkan. tetapi setelah pandangan pertama maka mereka tak bayar jua. Klien-klien ini biasanya bermuka manis dan penuh berbunga-bunga. setelah pekerjaan selesai dan ditagih mereka hilang entah kemana. Begitu ditanya, mereka bilang nanti akan segera dibayar..satu, dua minggu, satu bulan tidak ada kabari berita.. dan berakhir dengan pesanmu hanya di read saja. Klien seperti ini biasanya perusahaan makelar yang jual-jual barang dengan berbagai muslihat.

jadi kamu sudah pernah ketemu klien yang mana saja? 

 

Tidak ada komentar