Breaking News

Kisah Cinta di Singapore - Ignite Tour 2018

Halo sobat, salah satu mimin di Blog ini melancong ke Singapura, iya mengikuti acara pelatihan pertama yang diselenggarakan di Singapura yang diikuti oleh lebih dari 1500 (Ya! itu orang semua yang ikut). Mimin berkesempatan hadir mewakili teman teman kantor yang belum pada punya paspor menghadiri acara dengan nama Ignite The Tour. Jadi apa sih Ignite The Tour? menurut narsum abang India yang tidak mau disebut namanya “Ignite the tour” adalah versi cabang Ignite yang konon hanya diselenggarakan di Amerika saja. Ignite pada dasarnya kalau saya boleh bilang sih “kursus gratis yang isinya belajar teknologi Microsoft”. Ignite The Tour diselenggarakan dua hari, dengan pelaksanaan dari jam 09.00-17.30.

Mengawali Tur: Registrasi

Lokasi kegiatan terletak di Marina Bay Convention Center, itu lokasinya terhubung dengan Mall Shoppes. Mimin sudah berhasrat aja maunya jajan daripada ikut pelatihan. Tapi apa daya karena ini perjalanan dibayarin maka Mimin kembali ke jalan yang benar. Di tempat pendaftaran Mimin perlu menunjukkan Paspor karena Mimin orang terasing disana, rata rata yang datang itu bule atau mbak-mbak cantik. Setelah Mimin menunjukkan paspor, Mimin dicetakkan name tag yang bertuliskan nama Mimin. Microsoft sangat menghargai privasi banget ditanya apakah berkenan data kita dikelola untuk kebutuhan ini itu seperti di Gambar. Kemudian setelah registrasi Mimin diberi tas goodie bag dan diminta untuk mengunduh Aplikasi namanya MS Events.


MS events aplikasinya berisi apa saja yang bisa kamu ikuti disana, jadi jadwal kegiatan semua ada disana. Bagi kamu yang tidak hadir juga dapat melihat sesinya dengan mendaftar dan mengunduhnya di Playstore. Setelah registrasi Mimin diminta untuk menuju Theater untuk melihat pembukaan

Sesi di Ignite The Tour

Jadi disana ada tiga sesi utama yakni sesi Teater di satu ball room besar, sesi Breakout di ruang ruang dengan kapasitas 200 orang, dan sesi sponsor di sela-sela istirahat.
Sesi breakout terbagi menjadi banyak learning path. Kamu dibebaskan untuk milih track apa saja, tapi disarankan mengikuti learning path. Learning pathnya ada beberapa bisa dilihat disini. Satu learning path setidaknya punya 5 sesi yang isinya berkisar 5 –6 jam pembelajaran. Ada sekitar 20 ruang yang digunakan untuk belajar. Breakout dilaksanakan dengan mengumumkan berbagai hal baru sebagai contoh disesi yang diikuti dijelaskan apa yang akan hadir di Microsoft Graph API. Beberapa breakout menjelaskan bahkan aspek fundamental keilmuan misalnya kaget banget begitu belajar Data Science Track kita belajar CNN, Fuzzy Logic, sampai training model. Sebagian breakout modelnya case studies misalnya cerita tentang perusahaan yang mengalami masalah dalam komplain pelanggan kemudian bagaimana teknologi masuk dengan dukungan Azure Cognitive Services dan sebagainya. Ada sesi yang menarik ada sesi yang tidak menarik juga sih. Biasanya sesi yang tidak menarik karena pembicaranya baca teks bukan menjelaskan. Overall satu track bisa diselesaikan lima sesi breakout atau sekitar 450 menit secara total.




Kalau dilihat memang yang paling diminati adalah Data Science, Azure, kemudian Office 365.

Yang Menarik di Ignite

Pada saat istirahat kamu disuguhkan banyak both yang berisi produk-produk berdasar teknologi MIcrosoft mulai pelindung Azure Fabric, aplikasi bisnis berbasis Office 365, dan hal yang lain. Both yang menarik adalah both komunitas disana sudah ready para MVP yang siap diskusi pas ada pertanyaan coding atau configurasi berdasar topik yang ditawarkan di layar. Ada juga demo machine untuk mengetahui pengalaman ber office 365 dalam satu skenario. Semua sesi bisa kamu unduh slide dan rekamannya di aplikasi MS Events.

Apakah Ignite Worthed untuk Kopdar?

Setelah dua hari mengikutinya berikut adalah komentar Mimin
  • Sesi Breakout banyak dengan pilihan macam pelajaran
  • Sesi diskusi komunitas menarik bagi kamu yang punya kesulitan hidup
  • Banyak studi kasus yang memberikan banyak ide aplikasi baru dengan teknologi Microsoft
Namun demikian ada aja hal yang bikin Mimin sedih yaitu
  • Antrian makan yang bikin MImin kelaparan karena ribuan orang antri
  • Goodiesnya sedikit, Mimin cuman dapat tas aja :(
  • Mereka jualan Surface tapi masih aja mahal ndak ada yang terjangkau buat Mimin
Sampai jumpa di Kopdar berikutnya!


Tidak ada komentar