Breaking News

Developer Backpack

 Menjadi developer adalah sebuah karir yang menyenangkan jika kita tahu bagaimana menyiapkan dan arahnya kedepan. Saat ini developer menjadi kunci kesuksesan di organisasi. Bersama dengan marketing dan penjualan yang tepat maka dapat dipastikan sebuah produk berbasis teknologi informasi yang berkualitas dapat bermanfaat dan berkembang dengan baik. Artikel kali ini secara ringan membahas developer backpack. Apa saja yang harus dimiliki oleh seorang developer dalam mengembangkan karir yang lebih baik dan sempurna. Berikut adalah tujuh hal yang selayaknya dimiliki oleh developer agar dapat bekerja dengan baik. 

#1 Mesin Developer

Kamu dapat memulai mesin pengembangan minimal dengan spesifikasi bebas dan seadanya. Beberapa perusahaan tentu sudah memberikan fasilitas ini bagi kamu yang sudah bekerja sebagai pegawai tetap. Yakinkan mesin developermu bersih dari aplikasi yang tidak dibutuhkan hanya untuk pekerjaan yang relevan. Berikut ini adalah daftar aplikasi yang harus ada dimesinmu
  • Windows terkini 
  • Visual Studio Codes atau Visual Studio 2022
  • Software produktivitas seperti Microsoft Office 
  • Developer tools lainnya seperti Github, SDK dan yang lain
  • Engineering design tools seperti Enterprise architect atau yang lain

#2 Bahasa Pemrograman

Bagian ini yang perlu kami pahami secara dalam-dalam termasuk di dalamnya kemampuan dan keterbatasannya. Bahasa pemrograman ini dapat kamu pilih berdasar pada kebutuhan industri. Jika kamu bingung kamu dapat mencari daftar bahasa populer yang artinya akan banyak kebutuhan yang relevan di bidang pekerjaan. C# contohnya dapat digunakan untuk kebutuhan pengembangan berbagai mcam aplikasi dengan berbagai framework yang ada.

#3 Platform Pengembangan

setelah memilih bahasa pemrograman maka tahap selanjutnya adalah memilih framework yang sesuai. Sebagai contoh jika kamu menyukai C# maka terdapat banyak framework yang bisa kamu gunakan yakni:
  • Windows Form - aplikasi desktop
  • Windows Presentation Foundation - aplikasi desktop dengan dukungan aklerasi grafis
  • Web API - aplikasi web services
  • ASp.NET core, web forms, dan pages - aplikasi web
  • Xamarin - aplikasi mobile
  • Unity - aplikasi game

#4 Github 

Git sudah menjadi standard defacto tata kelola kode sumber. Memahaminya menjadi suatu yang penting aspek tata kelola kode sumber terdistribusi dan terpusat. Tidak harus Git anda juga dapat menggunakan subversion atau centralized version control 

#5 DevOps

Proses pengembangan berbasis Agile dan berbasis formal tentu saat ini menjadi dasar pengembangan devops yang umum dilakukan. Memahami bagaimana DevOps seperti Azure DevOps dan Jira menjadi hal yang tidak dihindari untuk dipahami dan dikuasi. 

Demikian lima hal yang menjadi dasar yang harus dipelajari. 






Tidak ada komentar