Breaking News

Apa yang baru di Visual Studio 2019 dan Visual Studio Codes

 Bicara perangkat bantu pengembangan seperti Visual Studio maka selalu ada perubahan yang membuat tim semakin produktif. Pada kali ini kita akan membahas apa saja hal yang baru yang dapat kita nikmati di Visual Studio 2019 16.9. Saat tulisan ini ditulis versi terkini Visual Studio adalah 16.9.5. 

Catatan Pembaruan

Setiap terdapat pembaruan tim Visual Studio mencatatnya di Visual Studio 2019 version 16.9 Release Notes | Microsoft Docs. Hal menarik yang perlu dipahami bahwa pembaruan dilakukan secara bertahap dan rutin. Hampir setiap bulan Visual Studio 2019 akan mengalami perbaikan dan penambahan fitur baru. Hal ini sejalan juga dengan Visual Studio Codes yang setiap bulannya mengalami pembaruan Visual Studio Code April 2021

Update Visual Studio 2019 setiap bulannya berkisar 500 - 2 GB. Hal tersebut tentu bergantung pada paket instalasi yang dipilih. Pada Visual Studio Codes update tentu berukuran di bawah 100 MB.



Roadmap

Visual Studio 2019 memiliki roadmap yang dicatat dengan baik di Visual Studio Roadmap | Microsoft Docs. Beberapa hal yang kita lihat menjadi fokus Visual Studio 2019 adalah:
  • Core editor yang mendukung GitHub. Tidak terelakkan GitHub code space akan menjadi andalan pengembangan di ke depan. GitHub code space berfokus pada pengembangan yang mendukung aktivitas secara kolaboratif dengan dukungan browser based codes misalnya
  • Live Share. Fitur yang mendukung developer bisa melakukan aktivitas pair programming dan mob programming walau dalam kerangka ruang yang terpisah.
  • IntelliCode. Dukungan yang memungkinkan kode dapat dibangkitkan secara kecerdasan buatan.
  • Dukungan platform seperti Xamarin, C++, dan web
  • Dukungan diagnostic platform yang mendukung pengembangan
Visual Studio Codes sendiri belum memiliki roadmap yang dipublikasikan selayaknya Visual Studio 2019. Namun demikian Visual Studio Codes merawat semua update di Visual Studio Code April 2021

Visual Studio 2022 Perubahan Besar?

Dengan adanya sistem roadmap dan perubahan bertahap, Visual Studio 2022 mungkin bukan perubahan yang besar dan signifikan. Pembaruannya tentu bisa dilihat di Sepuluh Fakta Visual Studio 2022 yang perlu kamu ketahui - VSID. Jadi sudahkan Anda memperbarui Visual Studio Anda hari ini?

Tidak ada komentar